Ragam dan Manfaat Vitamin B

Tahukah Anda vitamin B? Vitamin B tidak hanya memiliki satu jenis saja, tapi memiliki banyak jenis vitamin B, antara lain Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Banyak juga manfaat dan khasiat dari masing-masing vitamin B tersebut. 
manfaat vitamin B

Ragam vitamin B itu sendiri sering disebut dengan vitamin B kompleks. Apabila seseorang kekurangan vitamin B tersebut maka kemungkinan besar akan mudah terkontaminasi dengan berbagai penyakit yang membutuhkan penyembuhan relatif tidak cepat. Berikut adalah jenis-jenis vitamin B beserta manfaatnya.

1. Vitamin B1 atau sering disebut Tiamin
Berfungsi untuk mengubah zat karbohidrat menjadi energi. Kebutuhan untuk pria yaitu 1,2 mg dan wanita 1,1 mg. Sementara untuk wanita hamil dan menyusui 1,4 mg.
Dapat ditemukan pada : nasi, roti, sereal, tepung terigu, makanan laut, udang, kepiting atau kerang.

2. Vitamin B2 atau sering disebut Riboflavin
Berfungsi untuk pengendalian kesehatan mata dan kulit. Kebutuhan untuk pria yaitu 1,3 mg, wanita 1,1 mg, ibu menyusui 1,6 mg.
Vitamin B2 ini dapat kita temukan pada, susu, keju, ayam, brokoli, bayam, jamur.

3. Vitamin B3 atau sering disebut Niasin
B3 ini berfungsi untuk menjaga kelembaban serta kesehatan kulit, memperbaiki sistem pencernaan dan membantu mengubah makanan menjadi energi serta meningkatkan nafsu makan seseorang. Kebutuhan untuk pria yaitu 16 mg, untuk wanita 14 mg dan untuk ibu hamil 18 mg, ibu menyusui 17 mg.
Vitamin B3 ini dapat kita temukan pada padi-padian, kacang-kacangan, daging sapi, jamur.

4. Vitamin B5 atau sering disebut Pantothenic Acid
B5 ini berfungsi dalam proses pemecahan lemak, protein, karbohidrat menjadi energi dan bekerja sama dengan jenis vitamin B lainnya. Bermanfaat juga untuk pembentukkan sel darah merah dan membuat vit D.
Untuk pria dibutuhkan 6 mg, wanita 4 mg, ibu hamil 5 mg dan ibu menyusui 6 mg. Vitamin B5 ini dapat kita jumpai pada ayam, ikan sarden, alpukat dan semangka dsb.

5. Vitamin B6 sering disebut dengan Piridoksin
Vitamin B6 ini dibutuhkan dalam proses asam amino dan lemak. Pada pria vitamin B6 dibutuhkan 1,3 mg, wanita 1,3 mg, Ibu hamil 1,9 mg dan Ibu menyusui 2 mg. Apabila seseorang kebanyakan mengonsumsi vitamin B6 dengan takaran lebih dari 50 mg per harinya maka dapat menyebabkan kerusakan saraf secara permanen.
Vitamin B6 ini dapat kita temukan pada daging unggas, ikan, sapi, kentang, tomat, pisang, buah yang berwarna unggu dan sayuran hijau.

6. Vitamin B7 sering disebut Biotin
Vit B7 ini membantu dalam proses dialisi atau pemecahan lemak, protein menjadi energi yang akan digunakan oleh tubuh. Pada pria membutuhkan vit B7 ini yaitu sekitar 30 mkg, wanita 25 mkg, ibu hamil 30 mkg dan ibu menyusui 35 mkg.
Vit B7 ini dapat kita jumpai pada ikan salmon, telur, susu, sereal, pisang dan kacang tanah.

7. Vitamin B9 atau sering disebut dengan Folat
Folat ini bekerja agar sel-sel pada tubuh berkembang dengan benar, membentuk sel darah merah dan mencegah kerusakan saraf pada janin.
Pria membutuhkan vit B9 ini sekitar 400 mkg sama seperti wanita, sedangan untuk ibu hamil 600 mkg sementara ibu menyusui 500 mkg. Jika mengonsumsi vit B9 berlebihana maka mengakibatkan kurangnya vitamin B12, karena vit B9 ini sifatnya fagosit (menyerang zat yang tidak dikehendaki).
Kita dapat menemukan vit B9 ini pada susu atau olahan susu, bit, hati, melon dan sayuran berdaun hijau.

8. Vitamin B12 terkenal dengan nama Kobalamin
Fungsinya yaitu dapat mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi sembuah energi, menjaga kesehatan sel darah merah, melindungi sel saraf, mencegah penyakit jantung, dan menyusutan pada otak yang bisa mengakibatkan daya ingat kendor dan menurun.

Pada pria dan wanita biasanya membutuhkan 2,4 mkg vit B12 ini, ibu hamil 2,6 mkg dan ibu menyusui 2,8 mkg.

Untuk mendapatkan vitamin B12 dapat mengonsumi daging sapi, daging ikan, hati, telur, susu, kedelai dan rumput laut.
Untuk ibu hamil sangat membutuhkan vitamin B kompleks ini dan untuk khalayak juga penting kebutuhan vitamin B kompleks ini agar terpenuhinya gizi yang baik.

Tata cara pengolahan Vitamin B
Dalam pengolahannya pun dibutuhkan tata cara yang baik untuk menghasilkan keutuhan dari vit B kompleks tersebut. Disarankan untuk tidak merebus terlalu lama, bahkan jika bisa jangan direbus. Dalam mengolahnya disarankan menggunakan microwave atau dengan dikukus. Hal ini dikarenakan vitamin B mudah larut dalam air dan mudah rusak bila terkena panas. Dan juga disimpan dalam ruang yang dingin agar tetap terjaga kesetabilan dan keutuhan kandungan vitamin Bnya.

Previous
Next Post »